Anggota DPRD Jateng Disomasi

amis, 25 Oktober 2001 SUARA MERDEKA

Anggota DPRD Jateng Disomasi

Semarang, Kompas -Anggota Komisi E DPRD Jawa Tengah (Jateng) JH Sitompul, disomasi Ali Anshori, anggota Aliansi Peduli Buruh, Semarang, karena menuding aktivis buruh ini dengan ucapan yang tidak pantas. Sitompul dinilai mencemarkan nama baik, karena menyebut Ali sebagai maling, pada saat Aliansi Peduli Buruh menyampaikan aspirasi di DPRD Jateng hari Selasa (23/10). Akan tetapi, JH Sitompul membantah mengucapkan kata-kata seperti itu. “Saya merasa tidak ngomong begitu. Kalau saya bilang maling alasan dan dasarnya apa? Lagian antara ucapan dengan situasi saat itu tidak ada hubungannya,” tegasnya kepada Kompas, Rabu (24/10) malam.

Tuntutan somasi Ali Anshori disampaikan melalui kuasa hukum, Edi Cahyono Santoso SH, Rabu di Semarang. Menurut Edi, pernyataan kasar Sitompul diucapkan ketika Ali dan teman-teman Aliansi Peduli Buruh hendak bersalaman dengan Anggota Komisi E DPRD Jateng.

“Ketika itu, saudara Sitompul mengucapkan kata-kata kepada klien kami yakni saya tahu kamu, kamu maling…dan seterusnya. Ucapan tersebut disampaikan terbuka, didengar dan disaksikan oleh 15 orang perwakilan Aliansi Peduli Buruh, serta anggota Komisi E DPRD Jateng lainnya,” ujar Edi Cahyono.

Menurut Edi, kata-kata tersebut adalah fitnah karena tidak ada dasar sama sekali. Rangkaian kata yang diucapkan Sitompul sangat merugikan nama baik Ali Anshori, dan bertentangan dengan norma kesusilaan, kepatutan dan etika anggota legislatif. “Tidak hanya itu perbuatan ini merupakan perbuatan melawan hukum, secara perdata maupun pidana,” katanya.

Karena itu, atas nama kliennya Edi mensomasi (menegur/ memperingatkan) Sitompul, agar dalam waktu delapan hari atau selambat-lambatnya Rabu (31/10) mengklarifikasi pernyataannya kepada seluruh anggota Aliansi Peduli Buruh, Anggota Komisi E DPRD Jateng, dan media massa.

“Saudara Sitompul harus mengklarifikasi bahwa kata-kata yang saudara ucapkan terhadap klien kami adalah tidak benar,” ujar Edi yang juga mengundang Sitompul datang ke Kantor Advokat dan Pengacara Ign Edi Cahyono Santoso SH, hari Rabu mendatang.

Sitompul menyatakan, memang waktu itu setelah pertemuan dengan aliansi buruh, sempat bersalaman tetapi ia tidak mengucapkan kata-kata seperti itu. “Saya sampai tanya sama Kolonel Harsono, dan Mashuri apakah saya pernah ngomong gitu, mereka bilang tidak,” ujar Sitompul yang berjanji akan mengklarifikasi hal itu dan siap datang ke kantor pengacara Edi Cahyono. (son)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s